Arbi: Koalisi dengan Golkar, PAN rugi (KLIPING-KOALISI 1)

KLIPING-KOALISI 1

www.jurnalparlemenonline.wordpress.com

 

Arbi: Koalisi dengan Golkar, PAN rugi

 

JAKARTA, Harian Terbit, 30-11-1998

Pengamat poltik dari UI Arbi Sanit berpendapat, sebaiknya Partai Amanat Nasional (PAN) tidak berkoalisi dengan Golkar, karena partai itu penuh dengan ‘dosa-dosa’ masa lalu. “PAN akan rugi jika berkoalisi dengan Golkar. Sedangkan bagi Golkar jelas menguntungkan,” katanya. Sementara itu pengamat poltik dari LIPI Dr Indria Samego mengatakan, keinginan PAN hendak berkoalisi dengan Golkar bisa menciptakan kesejukan politik. Namun koalisi itu bisa terjadi, apabila Golkar memperbaiki diri dan penampilannya. Ia harus meninggalkan masa lalunya.

Kedua pakar politik itu dihubungi Terbit Minggu [29/11] menanggapi pernyataan Ketua Umum PAN Dr Amien Rais yang menyebutkan partainya siap berkoalisi dengan Golkar. “Kalau Golkar bisa segera tobat atas kesalahan masa lalu, kami siap berkoalisi,” ujar Amien usai acara pendeklarasian DPW PAN Sumbar di Padang, Minggu.

Menurutnya, Koalisi dengan Golkar tidak terlepas dari upaya memenuhi tuntunan agama Islam bahwa suatu pihak [dalam hal ini PAN] tidak boleh alergi terhadap kelompok yang telah bertobat. Dikatakan, bekerjasama dengan pihak lain merupakan amanah, namun khusus bagi Golongan Karya, kerjasama baru dapat dilaksanakan setelah Golongan Karya bertobat dan berwatak reformis.

Amien Rais menambahkan pihaknya juga siap berkoalisi dengan PDI Perjuangan pimpinan Megawati, namun Amien Rais tidak memberikan jawaban yang jelas ketika ditanyakan keseriusannya berkoalisi dengan Megawati, termasuk siap menerima hasil negosiasi poltik yang mengharuskan Megawati sebagai presiden di Indonesia.

Arbi Sanit mengatakan, sebaiknya PAN berkoalisi dengan partai lain seperti PDI Megawati, PKB, Bulan Bintang, dan partai baru lainnya. “Kalau berkoalisi dengan Golkar, saya khawatir kader PAN akan kabur semua ke partai lain. Namun menurut Arbi, PAN dan Golkar bisa berkoalisi, asal Golkar bisa reformis dan ‘membersihkan’ orang-orang Soeharto yang ada di sana.” (kah/art/ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: