LEGISLATIF Ketua DPD: Abdillah Lecehkan Lembaga (KLIPING-DPD 2)

KLIPING-DPD 2

www.jurnalparlemenonline.wordpress.com

LEGISLATIF

Ketua DPD: Abdillah Lecehkan

Lembaga

JAKARTA, Kompas, 15-1-2009

Ketua Dewan Perwakilan Daerah Ginandjar Kartasismita sangat menyesalkan pernyataan Ketua Badan Kerjasama Antarparlemen Dewan Perwakilan Rakyat Abdillah Toha yang menyebut DPD bukan sebagai legislator.

”Pernyataan Abdillah itu sangat melecehkan.  Anggota-anggota DPD itu semunya wakil rakyat yang dipilih langsung.  Kalau bukan legislator, lantas kami ini apa?” kata Ginandjar kepada pers, Selasa (13/1).

Abdillah menyebutkan, DPD tidak diundang Forum Parlemen Asia Pasifik (APPF) di Laos dan tidak terdaftar di semua perkumpulan parlemen regional ataupun internasional.  DPD juga tidak dianggapsebagai legislator (Kompas, 13/1).

Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Wila Chandra Wila, mengatakan, ia mendukung pernyataan Abdillah bahwa DPD bukan legislator karena parlemen Indonesia bukan parlemen dua kamar (bukameral atau  soft  bicameral), tetapi parlemen satu kamar (unicameral). DPD juga mengaku-ngaku sebagai senator. ”Mereka itu bukan senator, legislator, tempat mereka di daerah, tidak ada di dunia internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPD Siti Nurbaya, Selasa lalu, menyampaikan kepada pers bukti adanya undangan dari APPF untuk menghadiri sidang APPF.  Undangan ditujukan kepada Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita  dan Wakil Ketua DPD Laode Ida.  Undanga itu tertanggal  5 desember 2008 dan ditandatangani Presiden APPF Thongsing Thammavong.

Menanggapi hal ini, Ketua DPR Agung Laksono menegaskan, hubungan DPR dan DPD tak ada persoalan dalam sidang-sidang regional atau internasional.  Soal status legislator, menurut Agung, DPD adalah legislator, hanya kewenangannya terbatas.(SUT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: